Posted by: Tanu Chakuenk | December 23, 2010

FOTOVOLTAIK

Fotovoltaik merupakan suatu teknologi yang digunakan dengan mengubah energi matahari menjadi energi listrik. Cara kerja fotovoltaik ini dengan mengubah energi matahari dengan menggunakan semikonduktor, yang terdiri dari lempengan silikon yang dipasang sejajar. Lempengan silikon tersebut di pasang kabel dengan rangkaian seri yang digunakan untuk penghantar arus listrik. Bila sel surya terkena matahari maka pada lapisan silikon akan terjadi pemisahan elektron dari atom silikon sehingga menghasilkan arus listrik.
Kelemahan sel fotovoltak ini bergantung pada jumlah energi cahaya yang mencapai lapisan semikonduktor. Bila energi cahaya yang mencapai semikonduktor maka energi listrik yang dihasilkan pada fotovoltaik ini akan sedikit atau kecil. Maka dari itu peneliti amerika telah membuat motor penggerak yang berfungsi secara otomatis megikuti arah matahari.
Efisiensi sel surya fotovoltaik komersial berkisar antara 10 sampai 17 persen, artinya hanya 10 sampai 17 persen energi matahari yangt diubah menjadi arus listrik.
Jadi dapat disimpulkan fotovoltaik ini sangat baik digunakan apabila musim panas sehingga energi listrik yang dihasilkan banyak. Fotovoltaik ini juga sangat bermafaat untuk menghemat listrik PLN.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: