Posted by: Tanu Chakuenk | December 23, 2010

PEMBANGKIT TENAGA LISTRI MIKRO HIDRO

Berdasarkan berita yang terdapat pada stasiun TV dengan program Liputan6 terdapat berita mengenai pembangkit tenaga listrik dengan mengunakan tenaga mikro hidro. Pembangkit listrik tenaga mikro hidro ini banyak digunakan di desa Sendangrejo, Minggir, Sleman, Yogyakarta. Desa tersebut telah memanfaatkan sejak lima tahun terakhir.

Pembangkit tenaga listri ini memanfaatkan air selokan sepanjang satu kilometer. Pembuatan pembangkit listrik tenaga mikro hidro ini menghabiskan dana sekitar Rp. 300 juta, tetapi pembangkit listrik tenaga mikro hidro dengan daya mencapai sepuluh kwh ini telah mampu untuk menerangi balai desa dan tiga puluh rumah warga.

Cara kerja pembangkit listrik tenaga mikro hidro terbilang sederhana. Pertama air selokan ditampung dalam bak penenang lalu diolah ke bak turbin. Dari bak turbin kemudian dihubungkan ke generator menggunakan panel kontrol agar dapat menghasilkan listrik yang selanjutnya dialirkan ke rumah warga.

Meski masih belum dapat menghasilkan daya yang maksimal, keberadaan pembangkit mikor hidro yang dibangun dengan menghabiskan dana sekitar Rp 300 juta ini setidaknya mengurangi beban warga terhadap kenaikan tarif dasar listrik. Sehingga warga tenang karena jatah uang belanja tidak terganggu dengan kenaikkan tariff dasar listrik.

Apabila pembangkit tenaga listri mikro hidro ini mampu dibuat dan dapat dioprasikan secara maksimal maka rakyat Indonesia tidak harus memikirkan kenaikkan tarif dasar listrik, sehigga pembangkit listrik tenaga mikro hidro ini dapat dijadikan sumber tenaga listrik alternatif.

Sumber:

http://berita.liputan6.com/sosbud/201007/284277/Air.Selokan.untuk.Pembangkit.Listrik


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: