Posted by: Tanu Chakuenk | November 15, 2012

PLATINOEM BAND

Grup band merupakan suatu kumpulan orang yang membuat grup musik untuk bernyanyi dan menggunakan alat secara harmonis. Di Indonesia banyak sekali aliran grup band yang ada, yaitu POP, dangdut, rock, rock metal dan lain-lain.

Setiap grup band pasti memiliki masalah dalam mempopulerkan bandnya untuk terkenal. Untuk itu saya diberikan tugas oleh dosen saya untuk mencoba menganalisis bagaimana yang harus dilakukan oleh manajemen band supaya band tersebut lebih terkenal dari sekarang, yaitu pada masalah Platinoem Band.

Platinoem Band merupakan suatu band yang terdiri dari 5 orang personil. Kelima personil tersebut merupakan mahasiswa dari universitas gunadarma yang mendapatkan beasiswa untuk membuat suatu band musik.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam sebuah band, adalah sebagai berikut:

  1. Skill (kemampuan) setiap personil.
  2. Penampilan atau performance band.
  3. Lagu band tersebut.
  4. Manajemen band tersebut.

Hal-hal inilah yang setidaknya dapat merubah karir suatu band.

Menurut saya skill (kemampuan) setiap personil Platinoem Band tidaklah jelek (sudah cukup bagus) mungkin bisa lebih ditingkatkan lagi dengan memperbanyak latihan. Karena faktor ini juga dapat mempengaruhi karir dari Platinoem Band. Dimana skill (kemampuan) setiap personil dalam bermusik semakin tinggi maka karir dari band tersebut akan semakin terkenal.

Penampilan band juga mempengaruhi band tersebut, karena penampilan band tersebut akan dapat dijadikan sebagai karakteristik dari band tersebut, sehingga band tersebut dapat mempunyai ciri-ciri dari karakter yang dibuat oleh band tersebut dan memudahkan peminat musik untuk mengenal band tersebut. Menurut saya cie penampilan Platinoem Band sudah cukup baiknya, tetapi saya kira masih sedikit kurang mempunyai karakter. Seharusnya karakter dari Platinoem Band harus bisa dikeluarkan lagi, sehingga penampilan Platinoem Band akan ledih bagus dan lebih terkenal.

Menurut saya lagu dari Platinoem Band sudah cukup bagus, mungkin promosi dari lagu yang dibuat oleh Platinoem Band masih kurang bagus. Untuk itu faktor manajemen band juga sangat dibutuhkan dalam kemajuan band tersebut. Strategi bisnis yang dibuat oleh manajemen band merupakan faktor yang terpenting dalam kemajuan karir band tersebut terutama dalam promosi lagu yang dibuat atau dinyanyikan oleh band tersebut.

Menurut saya strategi bisnis yang dibuat oleh manajemen Platinoem Band saya kira sudah cukup baik dan bisa lebih ditingkatkan lagi. Mungkin kalau saya boleh saya saran untuk strategi bisnis manajemen Platinoem Band adalah melakukan promosi di radio, TV, majalah, Facebook, Twitter dan lain-lain (melalui media online maupun non online) dan manajemen Platinoem Band haruslah pintar-pintar dalam membaca pasaran apabila ingin meluncurkan album, sehingga mengetahui apa yang sedang diminati oleh para peminat musik. Menurut saya cie seharusnya Platinoem Band membuat suatu konser diberbagai daerah, untuk lebih menambah memperkenalkan Platinoem Band. Mungkin saja hal tersebut sudah dilakukan oleh Platinoem Band dan para manajemen band. Akan tetapi masih bisa diperbaiki lagi dan ditingkatkan lagi. Sehingga dibisa lebih terkenal dari sekarang.

Platinoem Band juga harus bersabar dan berdoa kepada tuhan, karena dalam karir dan rejeki seseorang telah diatur oleh tuhan. Apa salahnya kita beriktiar untuk melakukan hal tersebut untuk meraih cita-cita kita untuk meraih kesuksesan.

Keterangan:

Tulisan ini saya buat hanya sebagai tugas yang diberikan dosen dan bukan untuk menjatuhkan suatu band (Platinoem Band). Untuk itu saya minta maaf sebesar besarnya kepada pihak Platinoem Band terhadap tulisan yang saya buat.


Leave a Reply

Categories

